Tag

, , , , , , , ,

Apa perbedaan antara kompetensi, hobi, dan bakat?

Kompetensi adalah skill atau knowledge yg kita dapatkan melalui suatu proses seperti belajar dan latihan. Misalnya skill tentang merakit komputer akan kita dapatkan dari belajar dan berlatih, baik secara otodidak maupun dari orang lain yg telah menguasainya terlebih dahulu. Semakin lama kita belajar dan berlatih, maka semakin dalam skill dan pengetahuan kita tentang hal tersebut.

Hobi adalah skill atau knowledge yg kita lakukan karena kita menyukainya. Misalnya kita belajar tentang merakit komputer yang menjadi hobi kita, maka kita akan melakukannya dengan senang hati, bahkan hampir selalu akan lupa waktu karena kita menikmati saat melakukannya. Semakin lama kita melakukan sesuatu yang menjadi hobi, maka semakin dalam kita masuk ke dalam dunia dimana hanya ada kita dan apa yg kita lakukan tersebut.

Bakat adalah skill atau knowledge yg kita dapatkan dari Tuhan sejak lahir. Misalnya kita belajar tentang merakit komputer, jika kita memiliki bakat di bidang tersebut maka kita hanya membutuhkan waktu yg jauh lebih singkat dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki bakat di bidang perakitan komputer. Semakin lama kita mendalami pekerjaan tersebut, maka semakin cepat kita menyerap skill dan knowledgenya. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang belajar dengan sama tekunnya dan sama giatnya dengan kita.

Pada saat kita sudah memasuki fase bekerja, maka 3 hal tersebut (kompetensi, hobi, dan bakat) akan menjadi penentu utama kesuksesan dan kebahagiaan kita. Kita akan sukses dalam pekerjaan yg kita lakukan jika bisa mengetahui apa kompetensi kita, apa hobi kita, dan apa bakat kita, dan menggunakannya secara maksimal untuk mendapatkan tujuan. Namun jika kita ingin bahagia dalam pekerjaan, maka kita harus mengetahui apa kompetensi kita, apa hobi kita, dan apa bakat kita, baru kemudian mencari pekerjaan yang sesuai dengan ketiga hal tersebut. Dan percaya lah, sukses akan datang jika kita bisa bekerja di bidang yang sesuai dengan kompetensi, hobi, dan juga bakat kita.

Cheers !