yuk lanjut lagi, setelah seminggu sibuk dgn revisi paper 🙂
Sekarang kita coba bahas bagaimana caranya menuangkan hasil penelitian kita, terutama terkait dengan strukturnya.
Saat kita membuat buku laporan karya D3, skripsi S1, thesis S2, maupun disertasi S3, biasanya buku tulisan tersebut dibuat dalam struktur 5 bagian:
- Pendahuluan
- Dasar teori
- Desain/Usulan Solusi dan metodologinya
- Implementasi dan analisanya
- Kesimpulan
Struktur ini banyak diakomodasi dalam berbagai template paper, baik paper untuk konferensi maupun paper untuk jurnal:
- Introduction
- Related works
- Proposed solution
- Analysis
- Conclusion
- (opsional) Future works
Struktur di atas disebut sebagai IMRAD (Introduction, Methods, Results, and Discussion) yang banyak digunakan sejak tahun 1980.
CONsolidated Standards Of Reporting Trials (CONSORT) juga dapat digunakan sebagai struktur dalam penulisan paper. CONSORT terdiri dari total 25 bagian termasuk flow diagram, namun secara umum dapat dibagi menjadi:
- Title
- Abstract
- Introduction
- Methods
- Results
- Discussion
- Other information.
Struktur lain yg bisa digunakan adalah StrengThening the Reporting of OBservational studies in Epidemiology (STROBE). STROBE memberikan struktur penulisan yang mirip spt CONSORT, namun dengan penambahan menjadi:
- Title
- Authors
- Study design
- Objective
- Methods
- Results
- Conclusion.
Apakah IMRAD, CONSORT, atau STROBE yang akan anda gunakan, semuanya tergantung konteks dari apa yang ingin dilaporkan dalam paper anda.
Intinya, selamat meneliti, menulis, dan mempublikasikannya.
Ping-balik: Memilih Judul Skripsi yang Keren | kn-OWL-edge
Ping-balik: Abstrak Paper, Etalase Karya Tulis Kita | kn-OWL-edge