Tag
COBIT, Continual Service Improvement, IT Infrastructure Library, ITIL, ITSM, Service Design, Service Desk, Service Operation, Service Strategy, Service Transition
Capek dikomplain terus layanan IT anda oleh user?
Panas disindir kalau departemen IT anda cuma bisa ngabis2in uang perusahaan?
Pingin mengelola Service Desk (Help Desk) tapi nda tau gimana caranya?
Pingin mengukur kinerja departemen IT anda?
Pingin pamer ke pimpinan dan ke masyarakat bahwa departemen IT sudah melaksanakan IT Service Management?
IT Service Management adalah jargon yg bisa buat menjual diri anda maupun departemen IT anda, atau bahkan perusahaan anda. Menjual bahwa anda, unit anda, atau perusahaan anda sudah melaksanakan dan mengelola layanan dengan baik.
Pertanyaannya menjadi: bagaimana caranya mengelola layanan IT dengan baik?
Ada beberapa acuan atau framework yg bisa kita gunakan untuk hal ini, ada COBIT®, ada ITIL®, ada ISO, dll. Ada banyak framework yg bisa dipakai, tapi jadi bingung milihnya.
Jadi kapan kita memilih ITIL®?
Kapan kita memilih COBIT®?
Kapan kita memilih ISO?
Jawabannya tergantung kondisi eksisting layanan IT di tempat anda.
Jika belum ada atau sangat sedikit layanan IT yg disediakan, atau masih bingung layanan IT apa saja yg perlu disediakan, maka pilihannya adalah ITIL® dari AXELOS.com.
Jika sudah ada layanan IT, lengkap dengan prosedur, proses, instruksi, dll, maka kita bisa meningkatkan kontrol terhadap layanan IT tsb dengan menerapkan COBIT® dari ISACA.org.
Jika sudah ada layanan IT, lengkap dengan prosedur, proses, instruksi, dll, maka kita bisa menguji kesesuaian (comply) dengan aturan2 legal dengan menggunakan ISO.
Presentasi tentang ITIL dan ITSM termasuk Service Desk bisa diunduh di sini: