Tag

, , ,

nda tau juga kenapa nama nya “ilmu ngawang”, atau jangan2 nama ini cuma temuan imajinasi saya aja. ah.. kayaknya nda deh, lha istri saya yg asli jawa juga paham istilah “ngawang” ini kok

jadi ceritanya gini, ilmu ngawang itu kemampuan pikiran kita melakukan perhitungan di awang2. berarti ngoret2nya bukan dg kertas dan pensil, tapi pake pikiran.

katanya juga kalau cewe itu sulit menggunakan ilmu ngawang, nda tau juga kenapa dan nda tau juga pernyataan itu bener atau nda. tapi di anak saya yg cowo memang terlihat lebih mudah untung ngawang dibanding anak saya yg cewe.

ilmu ngawang itu memang perlu latihan, latihan fokus untuk mendisiplinkan pikiran. karena kalau ada satu saat aja pikiran kita ngelamun maka seluruh perhitungan yg ada di pikiran kita akan hancur, dan kita harus ngitung dari awal.

contoh sederhana perhitungan dg ilmu ngawang adalah penjumlahan yg ada lebihnya (carry over) dan pengurangan yg ada minjamnya (borrow in).

misalnya perhitungan 17+26 atau 31-19

awalnya saya menggunakan penggaris untuk membantu anak2 saya dalam berhitung, kemudian setelah mereka terbiasa berhitung dg penggaris sekarang penggarisnya saya ambil dan meminta mereka membayangkan penggaris dalam perhitungan mereka. setelah itu mereka bisa berlatih ilmu ngawang untuk penjumlahan dan pengurangan spt contoh di atas.

aplikasi ilmu ngawang yg menurut saya paling advance adalah melakukan pengambilan kesimpulan (inferensi atau reasoning). 

contohnya spt ini: semua wanita cantik banyak cowo yg naksir. tidak ada cowo yg naksir Sinta, maka……

aplikasi lain dari ilmu ngawang yg cukup advance adalah gambar 3 dimensi.

contohnya kita dikasi gambar dadu 3 dimensi yg sisi2nya ada simbol khusus. lalu kita diminta menebak gambar 6 persegi mana yg dapat membangun dadu tersebut.

sebenarnya kedua contoh di atas ada metode untuk menjawabnya, tapi terlalu panjang untuk ditulis disini. mungkin dalam bentuk buku aja ya   🙂