Tag

, , ,

Kemarin malam sambil menemani anak2 bobo setelah sembahyang, untuk memancing anak2 mau bercerita tentang kejadian2 saat di sekolah, saya coba menghangatkan suasana dengan sedikit joke:

Papa: (dengan raut wajah serius dan sedikit tegang) Angga, Papa mau ngomong serius sama Angga!
Angga: (jadi ikut2an serius) iya Pa? kenapa Pa?
Papa: Serius
Angga: iya Pa, mau ngomong apa?
Papa: iya itu, Papa mau ngomong “S-E-R-I-U-S”
dan semuanya pun tertawa ngakak  😀

Setelah ngobrol tentang sekolah, Angga tiba2 berkata:

Angga: (dengan tampang sedih) Pa, Angga punya berita buruk dan berita baik. Papa mau denger yg mana dulu?
Papa: yang buruk dulu aja
Angga: berita buruknya, Angga lupa
Papa: lupa apa?
Angga: iya itu, Angga lupa apa berita buruknya (sambil nyengir)
Papa: (sambil tersenyum) trus berita baiknya apa?
Angga: berita baiknya, tidak ada berita buruk
dan semuanya tertawa kembali  😀

Setelah itu saya jadi teringat beberapa teka-teki masa anak2 jaman dulu yg sebenarnya juga menguji kemampuan logika dan matematika. Ini beberapa teka-teki anak2 jaman dulu yg hampir semua bisa dijawab oleh anak2:

  1. Q: Jika mama membutuhkan 1 menit untuk merebus 1 telor, berapa menit waktu yg dibutuhkan mama untuk merebus 3 telor?
    A: Kebanyakan anak2 akan menjawab 3 menit, tapi jawabannya adalah 1 menit juga karena 3 telor bisa direbus bersamaan
  2. Q: Seorang petani mengajak musang, ayam, dan beras untuk menyebrang sungai. Sayangnya perahu yg digunakan hanya bisa mengangkut 2 penumpang yg salah satunya adalah petani. Jika musang ditinggal berdua dgn ayam, maka musang akan memakan ayam. Jika ayam ditinggal berdua dgn beras, maka ayam akan memakan beras. Bagaimana urutan yg harus diseberangkan petani agar musang, ayam, dan beras sampai di seberang dgn selamat?
    A: pertama2 petani mengajak ayam menyeberang (musang tidak mau memakan beras). Lalu petani kembali dan menjemput musang untuk diseberangkan, tapi saat kembali untuk menjemput beras, petani mengajak ayam kembali ke lokasi awal. Lalu petani membawa beras ke seberang dan kembali lagi untuk menjemput ayam.
  3. Q: Ada sebuah bak mandi kosong yg volumenya sangat besar. Bak mandi ingin diisi dengan 4 liter air dengan menggunakan gayung A = 3 liter dan gayung B = 5 liter dengan sumber air dari keran. Bagaimana caranya mengisi 4 liter air dengan gayung A = 3 liter dan gayung B = 5 liter?
    A: pertama2 gayung A yg berisi 3 liter dituang ke bak mandi (sekarang bak mandi berisi 3 liter). Lalu gayung A yg berisi 3 liter dituang ke gayung B sehingga gayung B berisi 3 liter. Selanjutnya gayung A yg telah diisi penuh kembali (3 liter) dituang ke gayung B sampai gayung B penuh, dan karena gayung B sebelumnya telah berisi 2 liter maka hanya 2 liter dari gayung A yg bisa dituang ke gayung B, ini berarti gayung A akan tersisa 1 liter (3 liter dikurangi 2 liter). Terakhir isi gayung A yg 1 liter tersebut dituang ke bak mandi dituang ke bak mandi. Sekarang bak mandi telah berisi 4 liter air (3 liter + 1 liter). Bingung? Berikut gambarannya:
    A  B  bak
    3  0  0
    0  0  3
    3  0  3
    0  3  3
    3  3  3
    1  5  3
    0  5  4
  4. Q: Ada kolam berukuran 10m x 10m dan ditengahnya ada 1 daun teratai. Daun teratai berkembang dalam 1 hari menjadi 2 kali lipat. Jadi jika hari ini ada 4 daun teratai maka besoknya ada 8 daun teratai. Jika kolam menjadi penuh dengan daun teratai dalam 50 hari, maka pada hari keberapa kolam tersebut setengah penuh dengan daun teratai?
    A: karena formula perkembangannya adalah 2 kali lipat, berarti kolam setengah penuh dalam 49 hari (1 hari sebelum penuh)

Silahkan dicoba ditanyakan kepada anak2 🙂