Tag

, ,

Menyambung tulisan sebelumnya tentang Registrasi Kartu praBayar, kali ini kita diskusikan tentang cara mengecek hasil registrasi kartu SIM kita.

Cara untuk mengecek apakah kartu SIM kita telah terdaftar dan terhubung dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) tergantung pada operator yg kita gunakan. Untuk menanyakan apakah nomr hape kita sudah terdaftar di server Dukcapil, kita bisa menggunakan kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data), layanan standar GSM untuk “bertanya” ke server operator:

  • Bagi yang menggunakan nomor XL, gunakan USSD *123*4444# (ditutup dg menekan tombol OK atau Dial)
  • Bagi yang menggunakan nomor Indosat, gunakan USSD *185*5# (ditutup dg menekan tombol OK atau Dial)
  • Bagi yang menggunakan nomor Telkomsel, gunakan USSD *444# (ditutup dg menekan tombol OK atau Dial)

Penggunaan USSD tidak berlaku bagi pengguna nomor 3 (Three). Bagi yang menggunakan nomor 3 (Three), gunakan SMS berisi “STATUS” dan dikirimkan ke nomor 4444.

Satu hal yg menjadi perhatian saya: bagaimana jika ada orang yg tau NIK di KTP dan KK kita lalu menggunakannya untuk mendaftarkan nomor hapenya?

Hal ini cukup berbahaya, karena kalau nomor hape orang tersebut digunakan untuk kejahatan, maka kita yang akan berurusan dengan pihak berwenang.

Dari kode USSD di atas, kita bisa tau NIK mana yg digunakan untuk mendaftarkan nomor hape kita, tapi kita tidak bisa bertanya kebalikannya, pada NIK kita sudah terdaftar nomor hape apa saja?

Jelasnya, dengan USSD di atas:
input: nomor hape dan NIK
output: status sudah teregistrasi atau belum
Tapi USSD di atas tidak bisa digunakan untuk:
input: NIK
output: daftar nomor hape yang terdaftar pada NIK tsb

Untuk pelanggan Telkomsel, ternyata kita bisa mengecek daftar nomor hape untuk NIK kita dengan menggunakan kode USSD *444#. Nanti akan diminta untuk memasukkan NIK yg ingin dicek, tapi pastikan anda menggunakan nomor hape yang telah terdaftar untuk NIK tersebut.

Untuk pelanggan yg lain saya belum tau, jika ada teman2 yg tau silahkan di-share di comment untuk berbagi informasi tersebut. Thanks

tambahan:

  1. masalah baru: bagaimana cara mengecek apakah NIK kita dipakai oleh nomor operator lain? karena kita hanya bisa mengecek untuk operator kita sendiri
  2. Dapat poster ini yg menjelaskan cara cek di operator lainnya nomor hape apa saja yg terdaftar pada NIK milik kita. Tapi tetap nomor yg ngecek harus yg terdaftar dan hanya berlaku di operator tsb (belum bisa menjawab masalah di nomor 1)

Cek NIK untuk cari nomor hape